Pembatasan Usia Pada Aplikasi Instagram

Pembatasan Usia Pada Aplikasi Instagram
Pembatasan Usia Pada Aplikasi Instagram

Media sosial Instagram sangat populer disemua kalangan, baik dikalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tua banyak yang mempunyai akun media sosial tersebut. Tidak hanya untuk bersosialisasi saja, akun instagram juga banyak yang memanfaatkannya untuk berjualan.

Iya bisa dikatakan akun instagram multifungsi, karena bisa digunakan sesuai kebutuhan kita. Baru-baru ini, instagram memperkenalkan fitur terbarunya, fitur ini dibuat terkait untuk pengelompokan usia pengguna remaja.

Pada fitur terbaru ini, pengguna akan secara otomatis mengatur akun instagram pengguna baru dibawah umur 16 tahun menjadi akun privat, walaupun mereka akan tetap memiliki opsi pengaturan menjadi akun publik.

Bagi pengguna istagram dibawah umur dengan akun publik, mereka akan mendapat pemberitahuan khusus agar segera beralih ke akun pribadi. Instagram juga memperkenalkan perubahan terhadap suatu iklan agar menargetkan pengguna dibawah usia 16 tahun.

Hal ini dilakukan karena pengguna akan menjadi target iklan berdasarkan minat dan aktivitas, informasi yang dikumpulkan Facebook diseluruh web, analisis riwayat penelusuran individu, pengguna aplikasi, dan semacamnya.

Tujuan instagram melakukan perubahan ini supaya pengiklan hanya dapat menargetkan pengguna dibawah usia 16 tahun, berdasarkan jenis kelamin dan target lokasi. Konon hal ini juga berlaku pada pengguna Facebook dan Messenger.

Perusahaan Instagram akan melakukan lebih banyak usaha untuk membatasi pengguna yang bermasalah agar berinteraksi dengan pengguna dibawah umur 16 tahun. Dalam hal ini, instagram dapat mengidentifikasi perilaku yang berpotensi mencurigakan dari suatu akun. Hal ini berarti, mungkin akun tersebut baru saja diblokir atau dilaporkan oleh pengguna instagram berusia muda.

Akun Instagram Mencurigakan Menyingkir 

Dalam kasus ini, pengguna instagram yang mencurigakan akan dipisahkan secara virtual dari pengguna berusia dibawah 16 tahun dan tidak akan ditampilkan pada pengguna dibawah usia 16 tahun pada halaman jelajah, Reel, bahkan pada akun yang disarankan.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak bisa melihat komentar dari pengguna dibawah usia 16 tahun pada postingan orang lain dan pasti tidak bisa juga mengomentari konten pengguna dibawah usia 16 tahun.

Media sosial Facebook saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi untuk anak-anak dibawah usia 13 tahun, sepertinya facebook juga tidak mau kalah dengan instagram.

Informasi dari Karina Newton yang merupakan Head of Public Policy Instragram mengumumkan bahwa aplikasi ini masih dalam tahap pengerjaan dan mereka sedang berkonsultasi dengan para ahli. Proyek ini diharapkan dapat menjadi sesuatu yang menarik bagi para remaja dan bekerja untuk orangtua. Instagram selalu berinovasi mengembangkan aplikasi baru untuk kenyamanan penggunanya.